Minggu, 24 Februari 2013

RPP SISTEM ESKRESI I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran
:
Biologi
Kelas/Semester
:
XI (Sepuluh)/II
Pertemuan
:
9
Alokasi Waktu
:
60 menit
Standar Kompetensi
:
3. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan /penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar
:
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan hewan (misalnya pada ikan dan serangga)
I
:
Indikator Pencapaian Kompetensi


·  Mengidentifikasikan sistem ekskresi pada hewan invertebrata.
·  Mengidentifikasikan sistem ekskresi pada ikan, amphibia, reptil, dan aves.
II
:
Nilai Karakter Bangsa
·       Religius
·       Disiplin
·       Jujur
·       Mandiri
·       Tanggung jawab
·       Kerja keras
·       Bersahabat/komunikatif
·       Cinta damai
·       Kreatif 
III
:
Tujuan pembelajaran
Setelah mempelajari materi dalam unit ini, siswa diharapkan dapat:
1.   Membandingkan sistem ekskresi pada cacing pipih, cacing tanah, moluska, dan arthropoda.
2.   Menyebutkan alat ekskresi pada ikan.
3.   Menjelaskan osmoregulasi pada ikan air tawar dan ikan air laut.
4.   Menyebutkan alat ekskresi pada katak.
5.   Menjelaskan proses ekskresi pada katak.
6.   Menyebutkan alat ekskresi pada reptilia.
7.   Menjelaskan proses ekskresi pada reptilia.
8.   Menyebutkan alat ekskresi pada burung.
9.   Menjelaskan proses ekskresi pada burung.
·      tanya jawab untuk menyebutkan alat ekskresi pada katak.
·      Guru menjelaskan proses ekskresi pada katak.
·      Guru melakukan tanya jawab untuk menyebutkan alat ekskresi pada reptilia.
·      Guru menjelaskan proses ekskresi pada reptilia.
·      Guru melakukan tanya jawab untuk menyebutkan alat ekskresi pada burung.
·      Guru  menjelaskan proses ekskresi pada burung.
IV
:
Materi Ajar
1.         Definisi ekskresi
2.         Sistem ekskresi pada cacing pipih
3.         Sistem ekskresi pada cacing tanah
4.         Sistem ekskresi pada moluska
5.         Sistem ekskresi pada arthropoda
6.         Sistem ekskresi pada ikan
7.         Sistem ekskresi pada amphibi
8.         Sistem ekskresi pada reptil
9.         Sistem ekskresi pada burung
III
:
Metode Pembelajaran
·  Diskusi informasi
·  Pengamatan
·  Penugasan
IV
:
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)
A.  Kegiatan awal (10 menit)
·      Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu (sistem pernapasan) yang ada hubungannya dengan sistem ekskresi berupa fungsi paru-paru.
·      Guru menanyakan tentang proses ekskresi yang dialami siswa sehari-hari,  lalu menanyakan pengertian ekskresi dan alat ekskresi pada manusia  kepada siswa untuk di cari jawabannya di dalam buku teks.
B.  Kegiatan inti (40 menit)
*   Eksplorasi
·      Guru bersama siswa mendiskusikan pengertian sistem ekskresi dan membandingkan dengan sistem pengeluaran yang lain, misalnya sekresi dan defekasi.
*   Elaborasi
·      Guru bersama siswa mendiskusikan alat ekskresi, fungsi dan proses ekskresi pada cacing pipih, cacing tanah, moluska, dan arthropoda, ikan, amphibi, reptile dan burung melalui pengamatan gambar lalu membandingkannya satu persatu .
·      Siswa mengerjakan LKS yang telah di sediakan
·      Guru bersama siswa membahas setiap jawaban yang ada di LKS
*   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru bersama siswa:
·      Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
·      Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·      Guru menegaskan lalu menyimpulkan keseluruhan materi tentang sistem ekskresi pada hewan
·      Guru mengecek pemahaman tentang alat ekskresi pada hewan dengan memberikan pertanyaan berupa soal tertulis.
·      Guru memberikan tugas
V
:
Alat/Bahan/Sumber
Buku:
Advanced Learning Biology 2B
Sarana/Media:
In focus, Power point.
Alat dan Bahan:
·   Gambar alat-alat ekskresi pada hewan invertebrata.
·   Gambar tentang osmoregulasi pada ikan air tawar dan ikan air laut
·   Gambar tentang alat ekskresi pada katak
·   Gambar tentang alat ekskresi pada reptilia
·   Gambar tentang alat ekskresi pada burung
VI
:
Penilaian
·  Tes unjuk kerja (terlampir).
Dengan Kriteria penilaian
No.
Aspek
Skor
Bobot
Skor Maks.
1
Kelengkapan




a. Lengkap (keterangan)
3
5
15

b. Agak lengkap
2

c. Kurang lengkap
1
2.
Kesesuaian




a. Sesuai
3
5
15

b. Agak sesuai
2

c. Kurang sesuai
1
Skor nilai =
·  Aspek kognitif Tes tertulis (terlampir).
·  Aspek afektif
Lembar Penilaian Aspek Sikap dan Minat Siswa
Nama Siswa                : …                  Sekolah                       : …
Kelas/Semester            : …                  Mata Pelajaran            : …
No.
Aspek yang Dinilai
Hasil Penilaian
1
2
3
4
5
4
5
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
Kehadiran dikelas tepat waktu
Menyampaikan ide, informasi, dan argumentasi
Mengajukan pertanyaan
Menghargai pendapat orang lain
Mengumpulkan tugas tepat waktu
Partisipasi dalam kelompok belajar
Kelengkapan buku catatan dan buku penunjang







Keterangan :  5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, 1 = sangat kurang





                                                                                   
Horinara, februari 2013
Guru Biologi


Darmawan Hanafi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar